Home > Java, Slick2D > Tutorial Game Programming part 4

Tutorial Game Programming part 4


Swordman, GreyTroll, Screen Scrolling, Tiled Based Collision

Pada materi 4 ini game yang dibuat akan ditambahkan beberapa hal, antara lain :

  • Karakter Swordman memiliki 2 jenis animasi, yaitu animasi saat tidak berjalan dan saat berjalan
  • Penambahan karakter GreyTroll
  • Screen Scrolling berdasarkan posisi di sisi kanan, kiri, atas dan bawah
  • Tiled Based Collision antara karakter dengan environment (tree, camp, house)

 

Tambahkan VMOptions anda agar seperti gambar dibawah ini


Tambahkan Image

Tambahan image swordsman_walking.png dan swordstan_talking.png pada paket rpg.sprite

Buat Enum Direction dan Action

 

Simpan dengan nama Action.java


Simpan dengan nama Direction.java

 

Update kode di kelas StateManagement

  1. Tambahkan kode program berikut pada kelas StateManagement di atas konstruktor

    Sehingga kode program dari kelas StateManagement akan tampak seperti berikut


 

Update kode program di kelas Swordman

Kelas swordman juga memerlukan perubahan pada kode program.

  1. Silahkan anda samakan deklarasi objek dan attribute dari kelas Swordman.java dengan kode program berikut

 

  1. Silahkan anda samakan konstruktor dari kelas Swordman.java dengan kode program dibawah ini untuk menampung kebutuhan dalam hal menampilkan animasi yang berbeda, yaitu animasi orang berjalan dan animas orang ngobrol.

 

  1. Tambahkan 1 buah konstruktor lagi yang nantinya berguna untuk mengosongkan frame dari kelas turunan swordman

  2. Silahkan anda samakan method tryMode dengan kode program dibawah ini, penambahan kode program tersebut akan mendukung untuk melakukan pengecekan TileBasedCollision antara Karakter terhadap Tree, Camp dan House

  3. Untuk mendukung agar karakter swordman kita dapat beranimasi lebih dari satu (WALKING dan TALKING) maka kita perlu mengubah juga kode program pada method update di kelas Swordman.java

 

Lanjutan dari kode program diatas

 

Lanjutan dari kode program diatas

 

 

Kelas GreyTroll

Tambahkan kelas GreyTroll untuk menampilkan musuh. Tambahkan kelas dengan nama GreyTroll.java.

  1. Kelas GteyTroll adalah turuan dari Swordman

  2. Tambahkan konstruktor untuk kelas GreyTroll yang memanggil konstruktor dari kelas Swordman yang memiliki parameter Boolean. Kemudian kita isi dengan nilai true.

 

  1. Tambahkan kode program berikut untuk melakukan load image GreyTroll

    Silahkan anda sesuaikan kelas RPGMap dengan kode program berikut

  2. Samakan import berikut pada kelas RPGMap.java

  3. Samakan attribute berikut pada kelas RPGMap.java

 

  1. Samakan konstruktor berikut pada kelas RPGMap.java

  2. Silahkan anda buat delegate method untuk objek sprites pada kelas RPGMap.java

  3. Override method renderedLine kemudian samakan dengan kode program berikut

 

  1. Override method render kemudian samakan dengan kode program berikut

  2. Tambahkan method update untuk melakukan pengecekan posisi karakter untuk melakukan scrolling

 

Kelas Mission1

  1. Silahkan anda deklarasikan attribute seperti kode program dibawah ini pada kelas Mission1.java

  2. Override method getID di kelas Mission1.java

 

  1. Samakan kode program pada method ini anda seperti kode program dibawah ini

  2. Pada method update dari kelas Mission1.java, samakan dengan kode program berikut

Categories: Java, Slick2D
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: